Jumat, 26 November 2010

Strechmark pada tubuh

Strechmark pada tubuh

Proses terjadinya strechmark atau yang disebut dengan striae atrophica didukung oleh banyak factor. Salah satunya adalah karena kulit dipaksa untuk melebar/mengecil dalam waktu yang sangat cepat,misalkan ketika kita diet secara mati-matian atau ketika berat badan kita menambah drastis. Stretch mark adalah hilangnya atau menipisnya permukaan kulit sehingga terjadi cekungan- cekungan di permukaan kulit. Stretch mark terjadi ketika kulit mengalami gangguan berupa peregangan dalam waktu cepat seperti saat hamil, perubahaan dari kurus ke gemuk atau sebaliknya, bisa juga disebabkan karena penggunaan steroid untuk pembentukan tubuh. Stretch mark tidak dapat di hilangkan, tetapi dapat dicegah ketika masih berwarna kemerahan (masih tahap awal). Pencegahannya bisa dengan memberi pelembab yang akan memberikan rasa hangat, hal ini untuk membuat peredaraan darah terangsang sehingga memberi nutrisi pada kulit. Stretch mark yang dipengaruhi oleh faktor keturunan lebih sulit untuk disembuhkan.
Strechmark hadir pada lapisan tengah Kulit yang disebut dermis.,biasanya berwana pinkish-white sampai merah dan lama kelamaan menjadi grayish-white. Biasanya muncul didaerah seperti dada,paha perut dan lipatan tangan. Karenastrechmark tidak mungkin hilang,cara terbaik adalah dengan mencegah dan menyamarkan. Wanita dari etnis kulit putih lebih berisiko mengalami stretch mark dibandingkan wanita kulit hitam. Hal ini dikarenakan kadar pigmen melanin pada kulit hitam jauh lebih banyak yang diduga dapat menurunkan risiko stretch mark. Maka dari itu Kelembaban, kelenturan dan kesehatan kulit ikut menentukan terjadinya stretch mark tersebut.
Konsumsi makanan sehat,banyak minum air putih,hindari caffeine dan daging,serta olahraga teratur.setiapa minggu gososk kulit dengan scrub agar sel kulit mati terangkat. Untuk sedikit menyamarkan,aplikasikan castor oil ke daerah strechmark dan kompreskan dengan handuk hangat selama 20 menit setiap minggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar