Minggu, 31 Oktober 2010

TUGAS SIM2(3DA04)

1 . Jelaskan mengapa universitas merupakan suatu sitem. Jelaskan pula mengapa universitas merupakan suatu supersistem dan subsistem?

Suatu sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu.

Menurut Jerry Fitzgerald, Ardra F. Fitzgerald dan Warren D. Stallings, Jr.,mendefinisikan prosedur sebagai berikut :
Suatu prosedur adalah urut-urutan yang tepat dari tahapan-tahapan instruksi yang menerangkan Apa (What) yang harus dikerjakan, Siapa (Who) yang mengerjakannya, Kapan (When) dikerjakan dan Bagaimana (How) mengerjakannya.

Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Kedua kelompok definisi tersebut adalah benar dan tidak bertentangan, yang berbeda adalah cara pendekatannya. Pendekatan sistem yang merupakan kumpulan elemen-elemen atau komponen-komponen atau subsistem-subsistem merupakan definisi yang lebih luas. Definisi ini lebih banyak diterima, karena kenyataannya suatu sistem dapat terdiri dari beberapa subsistem atau sistem bagian. Sebagai misal, sistem akuntansi dapat terdiri dari beberapa subsistem-subsistem, yaitu subsistem akuntansi penjualan, subsistem akuntansi pembelian, subsistem akuntansi
enggajian, subsistem akuntansi biaya dan lain sebagainya.


Jadi Universitas merupakan suatu sistem Karena universitas merupakan suatu elemen-elemen atau komponen komponen yang saling berhubungan,yang terdiri dari oden,mahasiswa serta staff kampus yang berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu tujuan yang tertentu .

SUBSISTEM
adalah Subsistem sebenarnya hanyalah sistem di dalam suatu sistem, ini berarti bahwa sistem berada pada lebih dari satu tingkat. Pemisalan lainnya, mobil adalah suatu sistem yang terdiri dari sistem-sistem bawahan seperti sistem mesin, sistem badan mobil dan sistem rangka. Masing-masing sistem ini terdiri dari sistem tingkat yang lebih rendah lagi. Misalnya, sistem mesin adalah kombinasi dari sistem karburator, sistem generator, sistem bahan bakar dan seterusnya.
Jadi,universitas merupakan suatu subsistem karena universitas berada pada naungan pemerintah indonesia.

*SUPERSISTEM
adalah Jika suatu sistem adalah bagian dari sistem yang lebih besar, sistem yang lebih besar itu adalah supersistem. Contohnya, pemerintahan kota adalah suatu sistem, tetapi ia juga merupakan bagian dari sistem yang lebih besar – pemerintahan propinsi.Pemerintahan propinsi adalah supersistem dari pemerintahan kota dan juga merupakan subsistem dari pemerintahan nasional.
Jadi,universitas merupakan suatu supersistem karena universitas Sistem yang lebih besar dari organisasi-organisasi yang ada dalam Universitas Tersebut

2 . Setiap hari,suatu perusahaan telepon metropolitan yang besar mencetak ribuan tagihan,apakah tagihan ini data/informasi. Jelaskan??
Data merupakan fakta yang sudah ditulis dalam bentuk catatan atau direkam kedalam berbagai bentuk media 8,data merupakan komponen dasar dari informasi yang akan diproses lebih lanjut untuk menghasilkan informasi.
Sedangkan informasi adalah data hasil pengolahan informasi yang bermanfaat bagi penggunanya.
Jadi,bagi perusahaan telepon metropolitan yang besar data digunakan untuk data rincian telpon dimana terdapat informasi deskriptif mengenai panggilan telepon. Sistem akan membuat data rincian telepon untuk setiap panggilan telepon yang melalui jaringan telekomunikasi, sehingga data yang dihasilkan setiap harinya sangat besar. Data rincian telepon menyimpan informasi yang menjelaskan karakteristik penting dari setiap panggilan telepon .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar