Jumat, 21 Mei 2010

AKUNTANSI PERBANKAN

AKUNTANSI PERBANKAN

Dari lintasan timbulnya bank,telah diperoleh gambaran tentang apa yang disebut akuntansi perbankan.ada banyak definisi bank yang dikemukakan sesuai dengan tahap perkembangan bank. Definisi Menurut undang-undang pokok perbankan nomor 14 tahun 1967,bank adalah lembaga keuangan yang usaha pokoknya memberikan kredit dan jasa-jasa dalam bentuk lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.

Tata perbankan di indonesia :
Ada semacam keharusan bagi setiap negara untuk menentukan hubungan dan kerja sama yang sebaik-baiknya antara pemerintah dan bank sentral.sejauh mana pemerintah mengambil peran dalam menetukan kebijakan moneter,serta bagaimana bank sentral membina dan mengawasi bank-bank,baik milik pemerintah,swasta asing maupun campuran tercermin dalam struktur perbankan sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Struktur perbankan zaman hindia belanda berpengaruh besar terhadap struktur perbankan setelah kemerdekaan. Struktur perbankan pada awal kemerdekaan juga dipengaruhi oleh faktor lain yaitu :
1 . inflasi yang kronis melanda kehidupan ekonomi indonesia.
2 . tabungan nasional sangat rendah.
3 . sustem pembayaran yang mengutamakan uang kartal,peranan uang giral masih sangat kecil.
4 . dunia perbankan juga menghadapi kesulitan yang terdidik.
5 . kedudukan bank devisa yang sabgat dominan dan berpusat di jakarta.
6 . Lokasi geografis bank-bank yang berpusat di jawa,terutama di jakarta.
7 . Organisasi perhimpunan ban-bank belum cukup memberikan kesempatan untuk melatih tenaga perbankan dan usaha ke arah pengembanagn dunia perbankan.

Fungsi dalam akuntansi perbankan :
1 . Fungsi perantara yaitu penyediaan kemudahan untuk aliran dana dari mereka yang mempunyai dana nganggur atau kelebihan dana selaku penabung (saver( atau pemberi pinjaman (lender) kepada mereka yang memerlukan atau kekuranagn dana untuk memenuhiberbagai kepentingannya selakupeminjam (borrower).
2 . Fungsi Transmisi yaitu berkaitan dengan peranan bank dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang dengan menciptakan instrumen keuangan seperti penciptaan uang kartal oleh bank sentral,uang giral yang dapat diambil atau dipindahtangankan dengan menggunakan cek atau bilyet giro yang dilakukan oleh bank umum.

Jenis-jenis perbankan :
1 . ada tidaknya hak untuk menciptakan tenaga beli baru.
2 . fungsi
3 . kepemilikan

Sasaran sistem akuntansi perbankan :
1 . sebagai sistem akuntansi manajemen
2 . sebagai sistem costing
3 . sebagai sistem pengawasan
4. sebagai sistem laporan kepada penguasa moneter

Akuntansi perbankan mencakup dua sisi dari sebuah mata uang yaitu :
• Disatu sisi,akuntansi perbankan menyangkut bank sebagai pencipta uang sehingga pembahasannya bersentuhan dengan ekonomi moneter. Disisi lain,akuntansi perbankan membahas kedudukan bank sebuah rumah tangga perusahaan,yang secara esensial berurusan dengan sumber keuangan dan bagaimana menggunakannya sehingga penyajiannya menyangkut ekonomi keuangan.
• Lalu kedua sisi itu saling berhubungan satu sama lain. Penciptaan tenaga beli baru misalnya otomatis berimplikasi pada penggunaannya,begitu pula implementasi kebijakan moneter misalnya mengenai politik uang ketat pastilah dilakukan melalui sistem perbankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar